Langsung ke konten utama

5 Manfaat Kulit Durian yang Jarang diketahui


Dua bagian yang sering terabaikan pada durian ini bisa diolah lagi menjadi bahan-bahan multiguna yang ramah lingkungan.
Durian adalah raja buah yang disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Aromanya yang sedap dan dagingnya yang enak membuat orang ketagihan memakannya. Namun sayangnya, banyak orang yang menikmati buah durian langsung membuang kulitnya.
Alih-alih dibuang menjadi limbah, kulit dan biji durian ternyata bernilai tinggi dan kaya manfaat.Kandungan di dalam buah durian terdapat kandungan protein, air, serat, lemak dan energi sebanyak 520 kkal dalam 100 gram buahnya.
Tak hanya itu saja, buah durian juga mengandung mineral dan vitamin. Salah satunya memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi.Tak hanya buahnya, daun, biji, akar hingga kulitnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.
Siapa sangka kulitnya yang keras dan berduri mengandung manfaat yang tinggi. Di dalam kulit durian memiliki kandungan lignin sebanyak 5%, selulose sebanyak 50 hingga 60% serta kandungan patinya sebesar 5%. Kandungan di dalamnya itu sangat baik untuk kesehatan.
Supaya tidak ada yang terbuang maka harus tau manfaat dari kulit durian yang banyak orang lain belum mengetahuinya, yaitu :
1) Menghilangkan Aroma Bau Durian
Saat mengonsumsi durian aroma diawal tak ada masalah dengan baunya, namun lama kelamaan aroma bau menyengatnya semakin terasa di mulut.
Banyak orang menjadi tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain karena aroma bau yang keluar dari mulut sulit dihilangkan dengan cepat.
Namun sekarang tidak perlu khawatir karena bisa diatasi dengan kulit durian itu sendiri yaitu caranya, tuangkan air pada bagian dalam kulit yang cekung lalu gunakan air tersebut untuk berkumur atau langsung diminum.
2) Pektin Durian Untuk Struktur Lengket Pada Makanan
Pektin adalah kebutuhan manusia yang secara alami diperoleh dari makanan terutama buah dan sayur. Sebagian besar buah-buahan seperti jeruk dan apel mengandung kadar pektin tinggi.
Yang dimanfaatkan untuk mempertahankan struktur lengket pada selai dan agar-agar, atau sebagai perekat untuk kebutuhan medis.
Pektin dari kulit durian juga bisa dimanfaatkan yaitu dengan cara duri-durinya perlu dipotong, lalu ditumbuk dan diparut untuk menghasilkan bubuk selulosa. Setelah menjadi bubuk baru bisa digunakan untuk membuat lembaran bahan biodegradasi.

Bahannya digambarkan mengkilap dan sedikit keruh, serta bisa terdegradasi dalam waktu satu bulan saat diletakkan di tanah. Jika diperlukan, pewarnaan bahan bisa diubah dengan memasukkan warna ke dalam selulosa.


3) Mengurangi Jerawat

Kulit durian juga bisa dijadikan sebagai bahan kecantikan untuk menghilangkan jerawat. Pasalnya, kulit durian berfungsi sebagai anti bakteri yang sangat berguna untuk menyembuhkan jerawat yang meradang dan sekaligus mengempeskan jerawat.
Cara menggunakan cukup mudah, kamu harus membakar hingga hangus, kemudian menumbuknya hingga menjadi abu. Setelah itu kamu tinggal usapkan abu durian tersebut di area yang berjerawat. Jika jerawatmu banyak, kamu bisa menggunakan sebagai masker.

4) Mengurangi Sakit Ketika Haid

Sakit atau nyeri pada haid memang tidak semua dialami semua wanita. Untuk wanita yang sering mengalami sakit dan nyeri bisa menggunakan kulit durian untuk meredakannya.
Dengan cara yang mudah dan aman bagi tubuh wanita karena ini merupakan cara alami, yakni dengan melumat bagian dalam kulit durian lalu menggunakannya sebagai param perut.
Setelah rasa sakit yang kamu rasakan mereda, kemudian mandilah dengan air hangat agar lebih rileks. Cara ini dianggap sangat ampuh dan aman, jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat nyeri saat haid.

5) Mengusir Nyamuk

Denga memanfaatkan kulit durian untuk mengusir nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit bagi manusia.
Cara mengusirnya dengan membakan kulit durian sekitar perkarangan ruma, abu dan aroma yang dihasilkan dari pembakaran kulit durian
Itulah yang tidak disukai oleh berbagai jenis seranga, seperti nyamuk dan lalat. Sehingga dengan memanfaatkan kulit durian dapat mengurangi penyakit demam berdarah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Durian Rajo Watukuro

Durian Rajo Watukuro memiliki bentuk buah yang lonjong dengan warna bagian luar hijau kecoklatan serta memiliki duri yang cukup tajam. Berat dari Durian ini kurang lebih 2 - 3 kg/buah. Aroma durian ini harum dan sangat lembut.  Durian ini termasuk Durian Milky Series sehingga memiliki teksur daging yang creamy dan lembut bak es krim. Jika biasanya daging Durian berwarna kuning maka untuk Durian yang satu ini memiliki warna daging putih seperti susu. Ketebalan dagingnya pun termasuk tebal dengan ukuran biji yang sedang sehingga memiliki porsi yang cukup banyak. Dari segi rasa, Durian Rajo Watukuro tergolong manis legit dengan sedikit semburat pahit sehingga cocok bagi pecinta rasa manis maupun pahit. Harga normal dari Durian Rajo Watukuro ini adalah Rp 90.000,-/kg. Hal ini karena kualitasnya yang terjamin juga sebanding dengan jerih payah Petani Durian. Pohon Durian Rajo  Pohon dari Durian Rajo Watukuro ini memiliki usia lebih dari 50 tahun dan masih sangat produk

WOW 8 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui

Buah yang identik dengan duri dan aroma yang khas ini ternyata mengandung beraneka ragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Durian mengandung ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein.  Kabar gembira bagi Anda pecinta buah durian. Buah durian ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, dalam 100 gr buah ini mengandung sekitar 27 gr karbohidrat, 4 gr serat, 1,5 gr protein, 5 gr lemak, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya. Kandungan inilah yang dipercaya dapat memberikan manfaat durian yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah durian bagi kesehatan tubuh : 1. Mencegah dan mengobati sembelit Buah durian mengandung fiber (serat) sebanyak 37%. Kandungan ini diketahui mampu membantu melancarkan buang air besar secara teratur. Sel – sel usus besar menggunakan serat sebagai bahan bakar untuk membantu menjaga agar tetap sehat. Sehingga serat mampu menja

Review durian tembaga Indonesia

durian tembaga Indonesia Anda pencinta buah durian? Coba cicipi sensasi lezat durian tembaga asal Kabupaten Siak, Riau ini. Manis legit dengan jejak sedikit pahit. Lezat! Durian memang banyak jenis dan rasanya. Di tiap daerah di Indonesia punya jenis durian yang khas. Sebut saja durian Medan dan durian Pati yang spesial rasanya. Buah yang harum ini memang selalu menggoda dan selalu bikin penasaran untuk mencicipinya. Jika Anda berkunjung ke kota Siak, berjarak 98 km dari Pekanbaru jangan lupa mencicipi durian tembaga. Durian ini memang selalu dinantikan saat musim panen. Durian tembaga ini, sekilas tidak jauh beda dengan durian pada umumnya. Mulai bentuk sampai ukurannya. Perbedaan dengan durian lain, baru akan diketahui jika sudah dibelah. Durian ini punya ciri khas khusus setiap ruasnya hanya ada satu biji durian saja. Memang ada kadang setiap ruas lebih dari satu bijinya. Paling banyak hanya ada dua, kalaupun ada yang tiga biji itu sangat jarang dijumpai. Bisa dibaya